0

Bedakan antara SKILL dan KNOWLEDGE

Skill adalah ketrampilan, sedangkan knowledge pengetahuan. Didalam psikologi pengetahuan ada dalam ranah cognitive sedangkan ketrampilan ada dalam ranah motoric (gerak), pelajaran yang sifatnya cognitive diantara nya adalah sejarah dimana anda menghafal, IPS, dsb. Pelajaran yang sifatnya motoric diantaranya adalah “berenang, karate, mengetik, menari,dsb”. Pelajaran yang sifatnya motoric (gerak) mau tidak mau harus bergerak.

Ada contoh menarik seperti ini, anggap saja anda ingin menguasai bela diri CIMANDE. Kemudian anda karena sibuk kemudian membeli bukunya. Mulailah anda pelajari buku tersebut dimulai dari BAB I yaitu tentang “Sejarah Cimande”. Anda baca, kemudian dihafal dan dibagian akhir ada pertanyaan yang harus diisi, ada pilihan ganda, dsb.

Selanjutnya Anda masuk ke BAB II yaitu jenis-jenis pukulan, disitu diterangkan bermacam jenis pukulan cimande, seperti biasa diakhir Bab ada latihan tertulis yang harus diisi oleh Anda.

Selanjutnya masuk BAB III yaitu RUMUS PUKULAN, disitu diterangkan bagaimana rumus pukulan lurus, dimana anda harus menghitung kecepatan pukulan dengan bobot pukulan, anda siapkan kalkulator karena banyak sekali soal-soal tentang rumus pukulan.

Dsb. hingga selesai, tanpa anda pernah ber GERAK. Pertanyaan saya, apakah anda sudah menguasai cimande tersebut?? Tentu tidak !! .. apa yang anda pelajari selama ini hanya PENGETAHUAN tentang cimande, bukan cimande itu sendiri. Cimande itu sendiri adalah skill (ketrampilan) yang harus anda tebus dengan GERAK, gerak dan gerak dan gerak ..sampai benar-benar OTOMATIS TANPA BERPIKIR. Karena ciri skill yang sudah jadi adalah anda mampu melakukannya tanpa berpikir, seperti halnya saat anda berenang, naik sepeda .. apa rumus naik sepeda biar tidak jatuh?? Tidak ada, yang ada hanya anda praktek sampai benar-benar menguasai tanpa berpikir.

Rekan yang saya hormati, inilah yang harus anda camkan. Bahwa dalam mengikuti kursus bahasa Inggris online ini, saya minta anda menebus kesuksesan anda dengan memperlakukan bahasa Inggris apa adanya. Bahasa Inggris adalah SKILL terdiri dari 4 SKILL yang semuanya harus anda tebus dengan gerak. Anda ingin mampu bicara, ayo kita bicara, anda ingin mampu menulis ..ayo kita menulis. Semuanya harus ditebus dengan gerak, dengan praktek dan praktek dan praktek. Selama ini bahasa Inggris di Indonesia dianggap sebagai pengetahuan, menghafal dan menghafal persis seperti belajar cimande dengan buku, menghitung rumus2 pukulan. Baik mulai hari ini anda harus siap bersusah payah, menebus kesuksesan ini dengan praktek. Melalui materi dan sistim full conversation yang sangat praktis dan cepat ini.